Rabu, 18 Juni 2014

Alat ukur kebahagiaan



            Mungkin dalam hidup ini kita pernah atau bahkan sering merasa hidup kita tak sesempurna atau sebahagia yang lain. Kerap kita menggunakan orang lain sebagai alat ukur kebahagiaan kita. Saat tetangga memiliki mobil baru, kita merasa tidak akan pernah bahagia sebelum bisa membeli mobil. Saat teman ganti handphone baru, kita merasa minder kalau tidak segera ikutan membeli handphone baru. Akhirnya kita berhutang sana-sini demi memenuhi gengsi. Akibatnya kita terjebur jurang yang telah kita gali sendiri.
            Itu hanyalah barang, lantas bagaimana kalau kita merasa pasangan orang lain tampak lebih baik daripada pasangan kita? Mungkin kita akan menuntut pasangan agar bisa melakukan hal yang sama seperti pasangan orang lain atau bahkan yang lebih parahnya kita mulai meragukan pasangan kita.

            Rumput tetangga lebih hijau. Peribahasa ini memang tepat untuk membingkai uraian saya diatas. Dari peribahasa itu kita bisa mengambil pembelajaran bahwa sebenarnya kebutuhan setiap individu itu berbeda-beda, tidak melulu tentang rumput hijau yang disukai tetangga kita tapi sebenarnya belum tentu kita sukai tapi kita irikan karena gengsi. Jadi janganlah menggunakan orang lain sebagai alat ukur kebahagiaan kita. Alat ukur kebahagiaan kita adalah hati kita sendiri. Saat kita merasa ini nyaman, lakukanlah! Saat kita merasa ini tidak nyaman, jangan lakukan!
            Pribadi yang selalu tercerahkan kebahagiaannya adalah pribadi yang hari ini bisa memperbaiki dirinya dihari kemarin supaya hari esok menjadi lebih baik agar tak terulang kesalahan yang sama. Bila setiap harinya kita sedikit lebih baik dari hari kemarin, beberapa tahun kedepan kita akan menjadi pribadi yang luar biasa hebatnya. Disinilah kita tidak akan merasa iri melihat rumput tetangga yang lebih hijau karena kita sudah memiliki taman dengan beraneka ragam tanaman bunga yang membuat kumbang dan kupu-kupu tak pernah jemu mampir ke taman kita.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Free Dance Dance Revolution 1 fast Cursors at www.totallyfreecursors.com