Kamis, 29 Desember 2011

siapa pun kamu pasti butuh air

                                                  http://lestariairku.dagdigdug.com 

             Siapa yang tidak tidah butuh air? Semua makhluk hidup butuh air bahkan makhluk tak hidup pun juga butuh air untuk menjaga keindahannya. Saya akan membahas tetang makhluk yang tak hidup dulu. Bila makhluk tak hidup ini bisa bicara dan kita menyuruhnya untuk mengucapkan satu permintaannya pasti dia ingin dirawat agar pemiliknya tidak jenuh dengannya. Mulai dari bangun tidur saja dulu. Kita tidur diatas kasur yang dibalut sprei, nah kalau spreinya dekil dan baunya sudah tidak karuan. Apa kita nyaman tidur disitu? Kalau sprei punya mulut terus bisa mengutarakan satu saja keinginannya. Dia pasti juga ingin wangi kok supaya majikannya merasa nyaman untuk tidur dan cara supaya dia wangikan harus dicuci. Mencucinya ya dengan airkan? Lanjut lagi setelah bangun tidur dan seperti lagu bangun tidur yang habis tidur ku terus mandi. Nah kita mandi pakai air jugakan apalagi gosok gigi kita juga tetap menggunakan air. Badan dan gigi juga kalau punya mulut pasti juga memohon kepada kita supaya kita menjaga mereka terus. Menjaganya juga dengan itu tadi mandi dan gosok gigi. Sedangkan mandi dan gosok gigikan harus menggunakan air. Bayangkan saja kalau kita tidak merawat gigi kita. Pasti si gigi akan marah dan mengeroposkan satu persatu biji gigi kita. Wah bisa jadi ompong deh. Apalagi kalau kulit kita marah karena tidak disentuhkan air. Bisa – bisa penyakit kulit akan mengerogoti jaringan kulit kita sampai habis, ih ngeri.
            Selesai mandi kita sarapan pagi menggunakan piring untuk wadah makanan terus gelas juga kita butuhkan untuk menampung minuman kita. Kalau sudah selesai makan dan minum pastinya mereka harus dicuci. Kalau tidak dicuci, ya demolah mereka menuntut keadilan kepada kita dan bila keadilan itu tidak kita tegakkan. Mereka akan mengundang para lalat untuk menjilat sisa – sisa makanan kita dan setelah itu kuman mulai bertebaran kemana – mana dan akibatnya kita yang menjadi korban sehingga penyakit dengan mudahnya menyerang tubuh kita. Kemudian berlanjut untuk mulai berangkat beraktivitas. Gampangnya saja kita mengendarai motor untuk turun dijalanan. Kalau motornya sudah penuh dengan kotoran yang sudah tidak karuan lagi bentuknya. Apa mungkin motor itu mau diajak jalan? Dia pasti ngambek dan tidak mau mengantar kita pergi.
            Membicarakan tentang air pasti tidak akan ada habisnya. Seperti kisah diatas, saya hanya menceritakan aktivitas pagi saja sudah memakan banyak kata dan berapa banyak benda yang protes bila air tidak disuguhkan kepada mereka? Lalu berlanjut kemakhluk hidup. Manusia memiliki kandungan air dalam otak 83%, ginjal 82%, jantung 79%, paru-paru 80%, tulang 22%, dan darah 90%. Bila kandungan air dalam masing-masing organ tersebut tetap dipertahankan sesuai kebutuhan, maka organ tersebut akan tetap sehat. Sebaliknya bila menurun, fungsinya juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Semua dalam organ tubuh manusia butuh airkan? Untuk mencukupi kebutuhan air untuk organ tubuh hendaknya kita meminum air minimal 8 gelas perhari. Syarat air sehat itu seperti apa sih?
            Syarat air sehat itu adalah
1.      Syarat fisik: jernih, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mempunyai rasa, pH 6-7

2.      Syarat bakteriologis: bebas bakteri patogen

3.      Syarat biologik: tidak boleh mengandung algae,protozoa, cacing, larva, larutan, insekta

4.      Syarat kimiawi: tidak boleh mengandung zat-zat kimiawi melebihi Konsentrasi Tertinggi Diperkenankan ( KTD)

            Lalu bagaimana supaya kita bisa mendapatkan air yang sehat itu? Apakah kita harus menjadi ilmuan dulu baru bisa mendapatkan air bersih? Hah tidak perlu segitunya. Kita cukup membeli air minuman yang sudah teruji kebersihannya dari para ahli dibidangnya karena air sumur yang terbiasa kita rebus belum tentu bersih karena lingkungan yang tercemar akan mengakibatkan air sumur menjadi tidak sehat meskipun terlihat bening. Selesai untuk tubuh kita belum tentu selesai juga untuk penggunaan air terhadap kegunaan air bersih dalam kegiatan sehari - hari. Ini juga tidak kalah pentingnya seperti kegunaan air dalam tubuh kita karena bila air untuk kegiatan sehari – hari tidak terjaga kebersihannya dengan baik tetap saja tubuh kita yang menjadi korban.
            Coba amati keadaan lingkungan di Jakarta, penuh dengan pencemaran lingkungan dari berbagai sudut kehidupan. Lingkungan yang seperti itu akan membuat diri kita tidak sehat dan cara yang biasa dilakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran adalah dengan mengurangi jumlah sampah yang kita produksi setiap hari, mendaur ulang, mendaur pakai. Kita pun perlu memperhatikan bahan kimia yang kita buang dari rumah kita. Karena saat ini kita telah menjadi "masyarakat kimia", yang menggunakan ratusan jenis zat kimia dalam keseharian kita, seperti mencuci, memasak, membersihkan rumah, memupuk tanaman, dan sebagainya.
            Menjadi konsumen yang bertanggung jawab merupakan tindakan yang bijaksana. Sebagai contoh, kritis terhadap barang yang dikonsumsi, apakah nantinya akan menjadi sumber pencemar yang persisten, eksplosif, korosif dan beracun, atau degradable (dapat didegradasi) alam ? Apakah barang yang kita konsumsi nantinya dapat meracuni manusia, hewan, dan tumbuhan, aman bagi mahluk hidup dan lingkungan ?
            Teknologi dapat kita gunakan untuk mengatasi pencemaran air. Instalasi pengolahan air bersih, instalasi pengolahan air limbah, yang dioperasikan dan dipelihara baik, mampu menghilangkan substansi beracun dari air yang tercemar. Walaupun demikian, langkah pencegahan tentunya lebih efektif dan bijaksana.
            Berlanjut kehewan sebenarnya hampir sama juga dengan manusia masalah kebutuhan airnya hanya saja yang membedakan adalah akalnya. Manusia itu punya akal dan ciri – ciri makhluk yang punya akal adalah mengerti dampak positif dan negatif dari perbuatannya. Kalau tau dampaknya positif pasti dilakukan dan kalau tahu dampaknya buruk ya harusnya tidak dilakukan. Lalu apakah kita mau disamakan dengan hewan yang tidak berakal? Apa tidak malu bila tidak mau menjaga kelestarian lingkungan. Katanya punya akal, masak nggak malu dengan binatang? Maaf sebelumnya kalau kata saya menyinggung.
            Terus berlanjut manfaat air bagi tumbuhan 90 – 95% digunakan untuk penyusun tubuh tanaman, aktivator enzim, pereaksi dalam reaksi hidrolisis, sumber H dalam fotosintesis, penghasilan O2 dalam fotosintesis, pelarut dan pembawa berbagai senyawa, mempertahankan suhu tanaman tetap konstan pada saat cahaya penuh dan yang terakhir untuk menjaga Ψp sel yang penting untuk pembelahan, pembesaran, pemanjangan sel, mengatur bukaan stomata, gerakan daun dan bunga misalnya epinasti.
            Itulah yang dapat saya sampaikan tentang pentingnya air bagi semua isi didunia ini tak terkecuali makhluk tak hidup pun. Semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda serta kita semua diberi kesadaran oleh Allah untuk dapat melestarikan ciptaannya sebagai bentuk terima kasih dan ucapan syukur kepadanya.

Sumber : buku panduan pengembangan air bersih


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Free Dance Dance Revolution 1 fast Cursors at www.totallyfreecursors.com